Kabar Baik, Warga 7 Provinsi Ini Bakal Diguyur Bansos Pangan

Dirut Holding Pangan ID Food, Frans Marganda Tambunan mengungkapkan strategi ID Food dalam mendukung program kestabilan stok dan harga pangan utamanya untuk jenis pangan bergejolak seperti gula pasir Hingga daging dan minyak goreng. (Tangkapan Layar Youtube CNBC Indonesia)

Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID Food, akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan berupa daging ayam dan telur ayam untuk keluarga dengan risiko stunting mulai akhir hari Sabtu, 15 April 2023 di empat provinsi.

Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan menyampaikan, bantuan tahap awal akan didistribusikan di tujuh provinsi yaitu Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat dengan jumlah risiko stunting sebanyak 1,4 juta keluarga rawan stunting (KRS).

“Untuk distribusi pertama akan kami lakukan di akhir pekan ini, dengan distribusi pertama akan berlokasi di 4 provinsi, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Frans dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4/2023).

Untuk diketahui, pemerintah telah menugaskan ID Food untuk program cadangan pangan pemerintah melalui Peraturan Presiden No.125/2022, di mana dalam waktu dekat ID Food akan melakukan distribusi bantuan pangan kepada keluarga dengan risiko stunting.

Bantuan daging ayam dan telur ayam untuk keluarga dengan risiko stunting akan diberikan selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2023. “(Bantuan) akan kami lakukan selama tiga bulan,” ujarnya.

Adapun daging dan telur ayam yang akan didistribusikan untuk KRS, untuk daging ayam sebesar 0,9 kg hingga 1,1 kg, dan telur sebanyak 10 butir.

Bantuan ini akan menyasar kepada 1.446.089 keluarga rawan stunting dengan rincian Sumatra Utara 139.464 KRS, Banten 64.706 KRS, dan Jawa Barat 410.691 KRS. Lalu, Sulawesi Barat 20.345 KRS, Jawa Timur 374.726, Jawa Tengah 322.496, dan NTT 113.661 KRS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*